10 cara ampuh mengatasi anak yang susah makan sayuranan

Anda pernah memasak sayur untuk keluarga anda? lalu siapa yang makan? anda? suami anda? atau anak anda? kalau anda dan suami anda saya yakin akan suka dengan sayur dan tentunya sudah pasti tanpa ragu mereka akan langsung memakanya dengan lahap. Tapi bagaimana dengan anak anda? apakah ia juga mudah untuk di ajak makan sayur? mau tahu cara mengatasi anak susah makan sayur?

Liahtlah ketika waktu makan datang, sajikan sayuran di hadapan sang anak, apakah anak akan lahap makan nasi dengan sayuran atau cuma habis sedikit saja dan seperti tidak selera makan? jika terlihat ia seperti tidak selera makan, maka sudah dapat dipastikan jika anak anda juga termasuk anak yang susah untuk diajak makan sayur-sayuran.

Memang sebenarnya tidak aneh jika anak anda adalah yang termasuk dalam kategori anak yang susah makan sayuran, karena bagi mereka rasa sayuran itu aneh, warnanya juga mungkin kurang menarik nafsu makan mereka, sehingga mereka enggan untuk mengambil dan memakan sayuran yang anda sajikan. tentu jika dibiarkan begitu saja, anda tidak akan rugi apapun. tapi bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, hal ini adalah masalah yang besar dan harus segera diatasi sedini mungkin.

Lalu langkah ampuh apa yang akan anda ambil jika anak anda memang susah untuk diajak mengkonsumsi sayuran yang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat mereka butuhkan dan mampu untuk membantu pertumbuhan mereka? apakah anda akan membiarkanya begitu saja? tentu saja tidak demikian jika anda memang memikirkan masa depan dan kesehatan anak anda. Nah untuk menghadapi tantangan yang demikian itu, kami memberikan tips dan cara mengatasi anak yang susah makan sayur agar anda tidak bingung lagi ketika memiliki dan menghadapi anak yang tidak suka dengan sayur mayur.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayuran

  1. Sajikan makanan yang menjadi faforit mereka. Tugas pertama anda adalah dengan mencari tahu apa sih menu yang menjadi makanan faforit anak anda? jika anda sudah mendapatkan beberapa makanan yang menjadi faforitnya maka tugas anda adalah membuatkan makanan tersebut. jangan berpikir untuk membelikan makanan tersebut diwarung makan! buatlah makanan tersebut dengan hati yang tulus untuk anak anda sendiri :D lalu gantilah beberapa bahan yang dapat diganti dengan sayuran. contoh makanan yang menjadi faforit anak dan tentu saja dapat anda ganti bahanya adalah seperti spagheti, pizza, bahkan eskrim. tinggal anda mencari saja menu yang memang banyak disukai anak anda. banyak kok menu makanan yang tersebar di internet.

  2. Tawarkan beberapa macam sayuran. Mungkin anak anda memang tidak akan langsung mengambil dan memakan sayuran yang anda sajikan di atas meja makan. tapi jangan hanya menyerah disitu saja. tetaplah menyajikan sayuran setiap hari di atas meja makan anda. jika lama-lama dia melihat menu sayuran dan melihat anda dan keluarga lainya memaakan sayuran tersebut maka lama kelamaan ia akan terbiasa dan bisa jadi ia akan ikut memakan, minimal ia akan mau mencicipi sayuran tersebut. dan selanjutnya ia akan menyukainya.

  3. Mengajak andak untuk menyiapkan makanan. Ajaklah anak anda ke supermarket atau kepasar dan biarkan anak anda yang memilih sendiri sayuran yang akan dimasak nanti. setelah sampai rumah jangan anda masak sendiri, ajaklah anak anda untuk mempersiapkan acara memasak yang akan anda lakukan. misalnya surun anak anda mencuci dan memotong sayuran tersebut. dan lihatlah! dengan cara ini anak anda akan segera menikmati makanan atau sayuran yang telah mereka siapkan sendiri.

  4. Berilah contoh. Seperti pada penjelasan nomer 2. hidangkanlah sayuran setiap hari di atas meja makan anda, dan berilah contoh anak anda untuk memaikan sayuran tersebut. jika anak anda melihat anda dan keluarga lainya memakan sayuran maka anak anda akan penasaran dan akan mencoba menikmati sayuran yang telah anda hidangkan.

  5. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan. Jangan pernah memaksa anak anda untuk memakan sayuran atau sesuatu dengan cara memaksanya, apalagi sampai menjejalkan makanan yang jelas-jelas mereka tidak suka. hal ini justru akan membuat keadaan makin tambah kacau. mereka akan mengingat waktu makan adalah waktu yang sangat mengerikan bagi mereka. dan anda akan kesusahan membuat anak anda untuk mengkonsumsi sayuran.

  6. Jika anak anda merasa sangat kelaparan maka tawarkanlah sayuran. Waktu anak merasa sangat kelaparan biasanya adalah ketika anak anda pulang sekolah, mereka akan menyantap habis makanan yang anda sajikan di atas meja makan. dan inilah waktu yang tepat untuk anda menawarkan sayuran kepada anak anda.sajikanlah makanan seperti burger, sandwich, dan eskrim dengan bahan sayuran.

  7. Kreatif ketika menyajikan sayuran.
    Ketika menyajikan sayuran cobalah dengan cara yang berbeda, seperti anda dapat membentuk sayuran dengan berbagai karakter yang anak anda sukai, atau anda dapat memberikan berbagai macam-macam sayuran yang berwarna cerah. dengan cara ini anak anda akan lebih menikmati sayuran yang anda sajikan.

  8. Biarkan anak anda bermain dengan sayuran. anak-anak identik dengan mainan. maka ketika waktu makan telah tiba ajaklah anak anda makan sambil bermain. misalnya saja ajak anak anda bermain karakter dan biarkan anak anda menjadi dinosaurus lalu suruhlah diosaurus untuk memakan sayuran. terdengan menyenangkan bukan? percayalah anak anda akan menyukai hal ini.

  9. Berlomba. ketika anak anda ada teman bermain, ajaklah teman anak anda untuk bermain lomba ketika sedang makan. dan berikanlah beberapa potong sayuran atau brokoli kepada mereka. berikan aba-aba dan lihat siapa pemenangnya. ulangi hal ini hingga anak anda memakan beberapa sayuran yang anda sajikan.

  10. Ajak ke kebun sayur. Ajaklah anak anda untuk berkebun dan mencoba menanam sayuran. dengan cara ini anak anda akan tidak sabar untuk melihat pertumbuhan sayuran yang mereka tanam dan tentu tidak sabar juga untuk merasakan sayuran tersebut. atau jika tidak ingin repot, anda juga bisa mengajak anak anda berwisata ke kebun sayuran. tentu lebih asik bukan?

Cara ini terbilang mudah untuk dapat anda berikan kepada anak yang susah makan sayuran, tapi jika dengan cara ini anak anda masih susah untuk di ajak makan sayur maka anda boleh memutarkan film kartun seperti bugs bunny atau popeye yang suka makan sayur bayam. tidak ada anak yang tidak suka makan wortel dan bayam ketika sudah menonton acara kartoon tersebut. silhkan langsung dipraktekan bunda. semoga bermanfaat

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser