7 Cara Meningkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Yang Sedang Menyusui

7 tips Meningkatkan Produksi ASI Ibu - Tidak hanya sedih melihat bayi rewel di karenakan produksi ASI kita berkurang, akan tetapi dari segi kesehatan pun bayi menderita Anemia gizi apabila hal itu terjadi terus menerus. Asi membagikan apa yang di butuhkan oleh bayi. Banyak faktor yang menjadi penyebab ibu berkurang produksi ASI nya, diantaranya Anemia beristirahat, Makanan, pemberian susu botol terlalu dini dan lainnya.

Tips Meningkatkan produksi ASI

Berikut tips upaya Meningkatkan produksi ASI bagi Ibu yang menyusui supaya asi menjadi lancar dan deras.

  • Mempersiapkan puting sejak dini

Persiapkan puting sejak saat hamil terutama yang mempunyai puting susu masuk ke dalam atau datar sehingga Bisa menyulitkan bayi untuk menghisap nantinya. Pijat dengan lembut ke arah luar sehingga puting Bisa menonjol. di puting payudara terdapat lubang kelenjar tempat keluarnya air susu, maka wajib dibersihkan sebelum bayi menyusu juga Bisa merangsang Genjah keluarnya ASI. Bersihkan dengan memakai baby oil, usap dengan lembut, diamkan sejenak setelah itu bersihkan dengan air hangat.

  • Hindari bayi bingung puting

Penggunaan dot dan empeng sejak dini membuat bayi menjadi bingung puting atau lebih memilih dot yang mudah untuk di hisap di banding puting, sehingga bayi kesulitan untuk menghisap puting. Pemberian susu botol Bisa mengurangi ASI, di karenakan akan jarang di hisap oleh bayi.

  • Susui bayi dengan kedua payudara

Susui bayi sesering yang ia minta tanpa batasan waktu. ASI yang sering di hisap akan memproduksi lebih banyak lagi, sebaiknya ibu menyusui dengan kedua payudara, payudara yang tak di susui akan berakibat tak terangsangnya air susu dan mempercepat terhentinya produksi ASI lebih awal dari semestinya.

  • Hindari stress dan perbanyak istirahat

Stress dan kecapean merupakan Disorientasi satu faktor yang membuat produksi air susu ibu menurun, hindari stress dan beristirahat yang cukup. Apabila tak memungkinkan istirahat di karenakan bayi tak Bisa di ajak kompromi ajak keluarga untuk membantu dalam pengasuhan.

  • Memilih Makanan dan minuman yang tepat

Ibu yang sedang menyusui biasanya makan lebih banyak tiga kali lipat dari biasanya untuk memenuhi kecukupan gizi bayi dan ibu, sangat tak di anjurkan untuk diet di saat menyusui di karenakan akan mengurangi asupan gizi juga produksi air susu. makanan yang bagus untuk melancarkan ASI yaitu sayuran dan buah seperti pepaya, daun katuk, bayam, jus wortel. Sup daging, ayam atau ikan serta oatmeal juga Bisa memperlancar keluarnya air susu ibu. Sebaiknya hindari makanan yang bersifat merangsang seperti kopi, makanan yang berbumbu banyak dan pedas, alkohol dan sebagainya. hindari rokok dan minum setidaknya 8 gelas sehari.

  • Pemakaian alat kontrasepsi

Adakalanya alat kontrasepsi Bisa memicu produksi ASI menjadi sedikit atau malah menghentikan dengan cara Keseluruh. Hindari kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen. alat kontrasepsi yang tepat untuk menyusui yaitu kontrasepsi dalam rahim atau spiral/IUD dan kondom.

  • Pemijatan

Apabila posisi bayi tak pas dalam menyusu pasti akan membuat puting dan payudara menjadi sakit, untuk menghindari peradangan di payudara karena penyumbatan lakukan pijatan lembut di payudara dengan minyak kelapa, lalu kompres dengan air hangat.

Susui bayi ibu sesuka yang ia mau untuk membuatnya merasa kenyang, juga Bisa membuat produksi ASI meningkat. Sehabis menyusu bersihkan puting dengan air susu aja, tak dengan vaselin, sabun atau yang lain yang akan membuat minyak alami dalam puting hilang juga membuat puting menjadi kering dan berakibat tak bagus untuk ibu.

Demikian Tips meningkatkan Produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk bunda semuanya. jika anda suka artikel ini silahkan dishare agar banyak orang di luar sana yang tau tentang artikel ini. Terima Kasih

Artikel Terkait

7 Cara Meningkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Yang Sedang Menyusui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan :D