Pengertian E-Learning, Manfaat dan Contohnya

Pengertian E-learning - Di dalam dunia pendidikan ada banyak sekali cara untuk menuntut ilmu, bahkan ketika kita sedang bermainpun sebenarnya kita juga dapat mengambil pelajaran dan ilmu dari permainan tersebut. Nah dengan demikian kita sekarang akan membahas lebih dalam lagi tentang proses belajar tentang E-learning, tentang pendidikan yang lebih ke arah formal, dan tentang cara belajar untuk menuntut ilmu


Pengertian dari E-learning

Apa itu E-learning? E-learning adalah suatu bentuk pendidikan yang sangat memanfaatkan teknologi dalam hal proses belajar mengajar, sehingga memungkinkan untuk belajar dengan jarak jauh.
untuk lebih detailnya berikut kami sertakan pengertian E-learning menurut para Ahli :
  1. Michael :"Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran"
  2. Candrawati : "Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi".
  3. Ardiansyah : "Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa".


Manfaat dan Kerugian Dari E-Learning

Dalam hampir segala sistem yang dibuat manusia pasti akan ditemukan kelebihan dan kekurangan, manfaat dan kerugian. maka di dalam sistem pembelajaran e-learning inipun tidak dapat lepas dari hal tersebut. dengan demikian kami akan memberikan informasi apa saja keuntungan atau manfaat dan kekurangan atau kerugian dalam sistem pembelajaran e-learning ini :

Manfaat Dan Kelebihan E-Learning :
  1. E-learning memiliki keunggulan fleksibilitas di dalam hal pembelajaran, karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tergantung kesepakatan. sehingga tidak perlu menempuh perjalanan hanya untuk mendapatkan pelajaran yang di inginkan.
  2. E-learning akan memberikan kendali penuh proses belajar mengajar kepada pembimbing, sehingga tidak perlu kuatir dengan tekanan atau paksaan target tertentu oleh atasan atau oleh siapapun. Sehingga keberhasilan proses pembelajaran ini sangat tergantung dari si pembimbing tersebut secara langsung.
  3. E-learning juga Memiliki efisiensi yang dapat di kondisikan. dalam artian, pembimbing dapat menghemat sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, karena hanya akan membeli dan menyediakan peralatan yang memangbenar-benar diperlukan saja. efisiensi dari sisi penuntut ilmu adalah tidak perlu menggunakan uang atau biaya dalam mendatangi tempat belajar.
  4. Menigkatkan peran pembelajar untuk aktif di dalamnya
  5. meningkatkan kemampuan teknologi bagi pembelajar
  6. Meningkatkan kemandirian dalam proses belajar mengajar
  7. Meningkatkan kualitas materi dari pendidik
  8. Lebih mudah di pahami, dalam artian di dalam e-learning biasanya juga akan memanfaatkan teknologi seperti pengadaan gambar, video, dan presentasi dalam bentuk slide sehingga lebih mudah untuk bisa dipahami oleh para siswa.

Kekurangan E-learning :
  1. Kurangnya interaksi antara pelajar dengan pengajar, bahkan antara pelajar dengan pelajar laiya.
  2. Proses belajar mengajar lebih ke proses pelatihan daripada ke pendidikan
  3. pengajar dituntut untuk merubah pola mengajar dari konvensional ke digital, dengan demikian pengajar dituntut untuk juga menguasai teknologi informasi untuk kelancaran proses belajar mengajar.
  4. Tidak semua tempat dapat ditemukan internet, sehingga bagi yang ada dikawasan pedesaan akan mengalami kesulitan untuk mengikuti e-learning.
  5. Kurangnya sumberdaya manusia (SDM) yang mampu menguasai internet, dan komputerisasi.
  6. kecepatan internet yang kurang mendukung di indonesia, sehingga akan mengganggu saat akan mengakses file video dan gambar ketika proses pembelajaran berlangsung.
  7. Siswa akan kurang bersosialisasi


Karakteristik E-learning

Menurut Rosenberg : "karakteristik E-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi".

Karakteristik E-learning menurut Nursalam adalah:
  • Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.
  • Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
  • Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja.
  • Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.

Demikianlah artikel kami kali ini yang membahas tentang Pengertian E-learning, Manfaat E-learning, dan contohnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya

Artikel Terkait

Pengertian E-Learning, Manfaat dan Contohnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan :D