Rukun Iman Di Dalam Agama Islam Ada 6 Yaitu


Rukun iman ada 6 - Saudara muslim dan muslimat yang Insya'Alloh diRahmati oleh Alloh Subhanahuwata'ala, Di dalam agama islam ada sebuah syarat agar tauhid kita sebagai seorang Muslim dapat bediri tegak dan kokoh, Ibarat sebuah bangunan, Pondasi merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dan di tinggalkan, jika ingin bangunan tersebut dapat berdiri dengan tegak dan tidak mudah roboh.

Maka di dalam agama Islam, Pondasi tersebut adalah Rukun Iman. Seorang islam belum dapat di katakan muslim, jika dia tidak meyakini 6 rukun iman tersebut. Bahkan orang yang sudah lama melakukan, Sholat, Puasa, Bahkan pergi Haji ke Mekkah, tidak dapat dikatakan muslim jika tidak mau meyakini rukun iman tersebut.

Pengertian Rukun Iman

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang rukun iman, maka terlebih dahulu kita bahas tentang pengertian Rukun iman itu sendiri. Seperti yang telah kita baca di dalam Al-Quran bahwa iman adalah dasar bagi keimanan seseorang untuk masuk ke dalam agama samawi ini :
QS.Al-Baqarah, yang artinya; : “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi .” (QS Al Baqarah: 177).

Nabi Muhammad Saw pernah bertanya kepada Malaikat Jibril tentang Rukun Iman dan beliau (Jibril) menjawab : “ Iman itu adlah kamu beriman kpd Alloh Swt, Malaikat-Malaikatnya, Kitab – Kitabnya, Rosul – Rosulnya, Hari akhir serta kamu beriman kpd Qodo dan Qadar yg baik maupun yg buruk (HR. Muslim)”.

Rukun Iman Ada 6 Yaitu :

1. Iman kepada Alloh
Orang yang ingin memeluk agama islam yang pertama haruslah mempercayai (mengimani) bahwa zat Alloh itu memang ada, segala sesutau yang ada di bumi ini pasti ada yang menciptakan, dan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini juga Allohlah yang berkehendak. Jika rukun iman yang pertama ini saja sudah tidak yakin maka secara otomatis orang tersebut telah keluar dari agama Islam.

baca juga : indahnya gambaran surga Alloh SWT

2. Iman kepada malaikat-malaikat Alloh
Selain manusia, Alloh juga menciptakan jin dan malaikat, dan pada Rukun iman yang ke 2 ini adalah iman kepada malaikat. maka syarat selanjutnya untuk bisa memeluk agama islam dengan kaffah adalah kita harus mempercayai atau mengimani bahwa malaikat adalah mahkluk Alloh yang benar adanya, kita harus meyakini bahwa Alloh menciptakan malaikat yang senantiasa patuh dan taat terhadap perintah Alloh. dan sedikitpun tidak pernah durhaka kepada perintah Alloh. Meyakini Malaikat diciptakan dari cahaya.
Keharusan untuk meyakini malaikat ini sejalan dengan apa yang telah Allah firmankan di dalam Kitab suci umat Islam : “Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada memiliki rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya” (QS. Al-Anbiya: 19-20).

3. Iman kepada Kitab-kitab Alloh
Rukun Iman selanjutnya ialah Iman kepada kitab-kitab Alloh. Sebagai seorang muslim sejati di sini kita dituntut untuk meyakini bahwa Alloh telah menurunkan beberapa kita kepada para utusanya. ada pendapat bahwa kitab yang telah Alloh turunkan ada banyak, namun kita di berikan tugas untuk mempercayai dan mengimani 4 kitab, yaitu : Taurot, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an. kita juga harus percaya bahwa Al-Qur'anlah kitab terakhir yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya. dan menyempurnakan perintah Alloh Melalui Al-Quran dan Nabi Mhamad SAW.

4. Iman kepada Rosul-Rosul Alloh
Alloh telah memilih salah satu dari hambanya yang terbik di setiap generasi untuk menyampaikan kepada hambanya tentang tauhid. Menolong hambanaya agar tau tentang jalan kebenaran melalui perantara para utusanya yaitu para Rosul Alloh. Maka dengan ini kita juga harus mempercayai dan mengimani bahwa Benar adanya jika Alloh telah mengutus para Rosul tersebut untuk menyampaikan kebenaran tentang keberadaan Tuhan yang Esa, Tidak ada yang petut di sembah selain-Nya, dan tidak ada satu mehkluk yang dapat menandingi-Nya. Dan Alloh telah menjelaskan juga di dalam Al-Qur'an :
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahhyu  kepadamu (Muhamad) sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan Nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, ‘Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud” (QS. An Nisa:163).

5. Iman kepada hari akhir (Kiamat)
Tidak ada satupun mahkluk yang hidup di dunia ini yang mengetahui tentang hari akhir (kiamat), bahkan malaikat yang merupakan mahkluk paling dekat dan patuh kepada Alloh juga tidak mengetahui sama sekali tentang kapan terjadinya hari kiamat. Namun disini kita sebagai seorang muslim dituntut untuk meyakini bahwa hari akhir atau kiamat ini adalah benar adanya.

Nabi terakhir Muhamad sebenarnya juga tidak mengetahui kapan hari kiamat ini akan terjadi, namun beliau diberikan keistimewaan oleh Alloh tentang kapan hari kiamat itu terjadi dengan mengetahui tentang tanda-tanda hari kimat. Tugas kita adalah meyakini tentang hari kiamat dan mempersiapkan diri untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala, guna menghadapi hari dimana semua amal kebaikan kita akan di timbang di yaumul mizan.

6. iman kepada Qodo' dan Qodar (takdir baik dan takdir buruk)
Rukun iman yang ke 6 yaitu iman kepada nasib baik dan nasib buruk. Sebagai seorang muslim yang taat merupakan suatu perkara yang istimewa, karena sedih ataupun senang, bersedih ataupun gembira merupakan sesuatu yang telah Alloh gariskan kepada kita selaku umatnya. jika kita bersabar atas kesedihan maka kita merupakan hambanya yang taat, dan jika kita bersyukur atas kenikmatan dan kesenangan yang telah alloh berikan maka kita juga merupakan hambanya yang taat.

Selama kita tidak takabaur dan berputus-asa terhadap rahmat Alloh, maka segala sesuatu yang terjadi di dunia ini terhadap diri kita adalah perkara yang akan menghantarkan kita kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang 6 Rukun iman yang wajib kita jaga di dalam hati kita, agar iman kita tidak mudah goyah dengan berbagai godaan ataupun ujian. jika kita mengingkari satu saja rukun iman yang tersebut di atas, maka iman kita (islam kita) sudah cacat dan ternoda. dan untuk adik-adiku tercinta, jika ada pertanyaan "Rukun iman ada 6 sebutkan?!" maka kalian sekarang dapat menjawabnya hehe

maka saran dan nasehat penulis untuk saudara seiman yang membaca artikel ini dan diri sendiri (terkhusus), karena iman itu dapat naik dan turun, bertambah dan berkurang, hendaknya kita selalu menjaga iman kita dengan mengikuti kajian-kajian secara rutin dan secara berkala. sehingga di zaman akhir yang penuh fitnah ini, kita tetap bisa berada di atas jalan Lurus, yaitu jalan yuang diridhoi oleh Alloh SWT. Amiin.. jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman dan kerabat anda!

Artikel Terkait

Rukun Iman Di Dalam Agama Islam Ada 6 Yaitu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan :D