Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Manfaat buah pisang - Buah pisang merupakan buah yang eksotis, buah ini memiliki banyak macamnya. untuk mencari buah ini tidaklah sulit. karena walaupun buah ini hanya berbuah sekali saja hidup, tapi untuk membudidayakan buah pisang ini tidaklah susah. disetiap daerah pasti mudah sekali menemui pohon pisang. kecuali di perkotaan besar. walaupun di perkotaan besar mungkin sulit untuk menemukan pohon pisang tapi untuk mencari buahnya sangatlah mudah.
manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan
manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

Mungkin kita sering mengkonsumsi buah pisang? atau bahkan hampir setiap hari kita memakanya. tapi apakah anda tahu kalau ternyata buah ini kaya akan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. buah dengan bentuk melengkung ini sudah lama dipercaya sebagai obat alami untuk asma, menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan untuk mengatasi kanker.

Buah pisang baik di konsumsi oleh siapa saja. anak-anak, remaja, dewasa, bahkan untuk ibu hamil pun tidak dilarang mengkonsumsi buah yang satu ini. kalau perlu untuk anda yang sedang hamil konsumsilah buah pisang ini secara rutin, karena buah ini mengandung nutrisi seperti kalium dan asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil dan menyususi.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan


Mengkonsumsi buah pisang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita di antaranya buah ini mengandung senyawa yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. penasaran dengan manfaat buah yang satu ini. silahkan dilanjutkan membaca dengan seksama artikel ini hingga habis.

Membantu sistem pencernaan.

Manfaat buah pisang yang pertama adalah untuk membantu sistem pencernaan dalam usus kita, karena buah pisang ini mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. seinga anda tidak perlu mencari obat-obatan kimia jika merasakan perut anda yang sembelit. cukup anda makan buah pisang ini satu saja dalam sehari untuk membantu perut anda terhindar dari sembelit. bahkan buah pisang ini dapat mencegah inflamasi dan membantu usus terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker usus.

Melancarkan peredaran darah.

Buah pisang mengandung potasium dan kalium yang baik untuk peredaran darah, dan dapat membantu mengatur tekanan darah, seingga dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke dan jantung, yang dimana penyakit ini paling sering terjadi karena pengaruh tekanan darah yang tinggi.

Menjaga kesehatan Mata.

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan mata kita. Buah pisang mengandung Vitamin A yang larut dalam lemak. Kita tahu vitamin A adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata. Vitamin ini membantu melestarikan membran yang mengelilingi mata dan salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A sangatlah penting untuk mengurangi resiko kebutaan dan menjaga mata untuk mendapatkan pengelihatan yang jernih setiap harinya.

Mencegah penyakit jantung.

Ternyata salah satu dari khasiat buah pisang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. buah pisang mengandung vitamin C yang tinggi dan juga flavonod yang bersifat anti-oksidan sekaligus dapat mencegah oksidasi lemak. Kalium yang terdapat dalam buah pisang adalah tonik sangat baik untuk kesehatan jantung. dan serat pektin berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat.

Sebagai sumber energi.

Buah pisang mengandung karbohidrat, dimana zat ini berguna sebagai energi bagi tubuh kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. mengkonsumsi dua buah pisang dalam sehari, ternyata sudah cukup untuk mengantikan energi yang dikeluarkan oleh tubuh ketika beraktivitas sekaligus memabantu tubuh meningkatkan sitem imun.

Membantu menurunkan berat badan

Kenapa buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan? karena, jika anda mengurangi makan makanan yang mempunyai kalori tinggi otomatis tubuh anda akan membakar lemak sebagai pengganti untuk energi dalam tubuh. nah jika anda mengkonsumsi buah pisang, anda mendapatkan energi tetapi anda tidak mendapatkan kalori, karena kalori dalam buah pisang sangatlah rendah. sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang, anda dapat menurunkan kolesterol tetapi tetap mendapatkan energi yang cukup untuk tetap beraktivitas seperti biasanya.

Menyehatkan otak

Manfaat buah pisang dapat menyehatkan otak. Sumber penelitian yang dibuktikan dengan melibatkan 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi mereka disekolah meningkat setelah menjadikan buah pisang sebagai menu sarapan setiap hari. buah pisang mengandung kalium yang memberikan stimulan pada otak. maka sekarang ini banyak negara maju yang menganjurkan mengganti menu sarapan dengan buah pisang. bahkan buah pisang ini sangat baik untuk bayi yang baru mulai belajar mengkonsumsi makanan padat. karena buah pisang adalah makanan dengan tekstur padat yang lembut seingga cocok untuk bayi yang sedang belajar makan makanan padat, sekaligus dapat mencerdaskan dan menyehatkan otak sang bayi.

Mengatasi diabetes

Bagi anda yang menderita diabetes, anda dapat mengobati penyakit anda dengan buah pisang khas gorontalo. karena dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus kemudian dicampur dengan bahan kelapa parut muda, dapat digunakan sebagai makanan alternatif untuk membantu meyembuhkan penderita diabetes.

Mengatasi Anemia.

Dengan mengkonsumsi dua buah pisang ternyata dapat membantu anda yang sedang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. karena buah pisang adalah buah yang mengandung banyak zat besi yang berguna untuk membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

Menyehatkan tulang.

buah pisang juga mengandung mangan yang cukup tingi, dimana zzat ini sangat berguna untuk menjaga tulang dan gigi tetap sehat. konsumsilah pisang setiap hari untuk membantu menjaga tulang anda tetap sehat dan tidak keropos.

Manfaat buah pisang untuk kecantikan


Bagi anda seorang wanita mungkin bagian artikel ini yang anda tunggu-tunggu. yap ternyata buah pisang dapat di manfaatkan untuk memberikan kesehatan dan kecantikan yang merupakan masalah utama bagi para remaja, yaitu jerawat dan kesehatan kulit. berikut manfaat buah pisang untuk kecantikan :

  1. Manfaat buah pisang untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakan buah pisang sebagai penghilang jerawat yaitu dengan menggunakan buah pisang sebagai masker alami wajah. Caranya : silahkan anda ambil puah pisang yang sudah masak, potong-potong kemudian silahkan anda haluskan daging buah pisang tersebut. kemudian oleskanlah pada bagian wajah anda yang berjerawat. diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. setelah itu cuci bersih wajah anda dengan menggunakan air bersih. lakukan cara ini degngan rutin, dan jerawat anda akan hilang.

  2. Manfaat buah pisang untuk menghaluskan kulit wajah. jika anda mempunyai masalah dengan kulit wajah yang kasar dan kering, maka manfaatkanlah daging buah pisang ini sebagai masker alami bagi wajah anda. caranya seperti hal nya ketika anda membaca manfaat buah pisang untuk mengatasi jerawat di atas, namun ketika menghaluskan daging buah pisang tambahkanlah satu sendok makan madu kedalamnya. lalu oleskan secara merata pada wajah anda yang kasar dan kering. lakukan secara rutin dan lihatlah perubahan kulit wajah anda yang kasar menajdi halus dan berseri.

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah pisang


Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi buah pisang setiap harinya. mungkin anda penasaran apa sih kandungan nutrisi dan vitamin di dalam buah isang ini sehingga begitu bermanfaatnya buah ini untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kita. berkitu daftar kandungan di dalam buah pisang yang harus anda tahu :

  • Vitamin B6 – 0,5 mg

  • Mangan – 0,3 mg

  • Vitamin C – 9 mg

  • Kalium – 450 mg

  • Serat – 3g

  • Protein – 1 g

  • Magnesium – 34 mg

  • Folat – 25.0 mcg

  • Riboflavin – 0,1 mg

  • Niacin – 0,8 mg

  • Vitamin A – 81 IU

  • Besi – 0,3 mg

Manfaat buah pisang yang baik untuk ibu hamil


Seorang ibu yang sedang hamil memerlukan berbagai nutrisi yang selain untuk ibu hamil juga diperuntukan bagi sang bayi yang sedang dikandung dalam rahimnya. buah pisang mengadung asam folat yang membantu untuk mencegah cacat bawaan pada bayi ketika lahir nanti. di dalam buah pisang juga mengandung sekitar kurang lebih 88-100 kalori yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel baru pada janin.

Selain itu buah pisang juga dapat membantu mengurangi mual-mual atau sering disebut dengan morning sicknes pada ibu yang sedang hamil muda. kemudian buah pisang membantu menjaga kadar gula darah bagi ibu hamil supaya tetap stabil sehingga membuat janian tetap tumbuh sehat.

Demikian manfaat buah pisang yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. begitu banyak nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya, sehingga memang buah ini sangatlah cocok untuk di konsumsi dan dijadikan menu harian bagi anda, anak anda, dan seluruh keluarga anda. Sediakan selalu buah ini di dalam lemari es! sehingga siapapun keluarga anda mau mengkonsumsi buah ini dan mendapatkan manfaat luarbiasa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser