Inilah Tanda Kehamilan Sehat Dan Normal

Bagaimana sebenarnya tanda kehamilan yang sehat dan normal itu? Kehamilan yang sehat ditandai dengan kondisi ibu dan janin yang mendukung selama kehamilan hingga menjelang persalinan. Berikut ini adalah tanda kehamilan sehat yang sangat perlu untuk bunda ketahui.

Tanda Kehamilan Sehat Dan Normal
Credit : Pixabay.com

Tanda-tanda Kehamilan Sehat Dan Normal Diantaranya Adalah :


1. Tekanan Darah dan Kadar Gula

Selama kehamilan terjadi perubahan fisik dan psikis ibu hamil. Kondisi ini akan mempengaruhi perubahan pada kadar gula dan tekanan darah selama kehamilan. Hanya saja, bagi ibu hamil yang sehat peningkatan tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula tidak terlalu mengalami perubahan yang drastis.Tekanan darah yang drastis pada kedua kondisi ini akan memicu preeklamsia yang dapat meningkatkan risiko kelahiran dini.

2.Plasenta dan Rahim

Seperti yang diketahui, bahwa selama kehamilan janin harus tetap aman dengan plasenta di dalam rahim itu sendiri yang harus dijaga. Plasenta harus tetap melekat pada rahim.Kondisi ini harus dipastikan sehat, sehingga bisa menjaga janin tetap tumbuh dan berkembang hingga usia kelahiran tiba. Kondisi dimana pelepasan plasenta karena berbagai macam faktor akan menyebabkan terjadinya keguguran.

3.Pertumbuhan Janin Sesuai Usia Kehamilan

Pemerikasaan kehamilana merupakan cara yang akurat untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin. Anda dapat menggunakan teknologi USG , dimana oksigen didalam rahim dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan janin, selain itu pertumbuhan fisik dapat dipastikan melalui USG ini, Bahkan bagi anda yang mengalami gangguan fungsi plasenta yang terganggu sehingga mengalami masalah kesehatan dapat diketahui dari kondisi ini.

4.Berat Badan Selama Kehamilan

Untuk mengetahui kehamilan yang sehat salah satunya dari berat badan selama kehamilan. Dokter biasanya akan menyarankan untuk mengalami kenaikan berat badan 13-15 kg selama kehamilan. Sedangkan bagi ibu hamil yang memiliki masalah berat badan (obesitas) dokter akan memberikan anjuran tersendiri.

5.Kadar Hormon

Seperti yang sudah dijelaskan diatas,bahwa kehamilan yang tidak kalah penting adalah perubahan hormon progesteron yang mencapai kadar 400 mg dimasa ibu hamil. Fungsi dari hormon ini sendiri untuk tetap menjaga kehamilan. Salah satunya adalah fungsi dari hormon estrogen selama kehamilan yang dapat membantu untuk menjaga jaringan rahim dalam menampung janin didalam perut.

6.Pergerakan Janin

Selama kehamilan berlangsung perubahan yang paling menonjol adalah perut yang semakin membesar. Salah satunya adalah memeriksa ukuran perut yang dilakukan oleh dokter. Untuk minggu kehamilan 6 hingga 10 minggu dimana terjadi periode kehamilan yang akan merasakan pergerakan janin, kondisi ini yang dianggap sebagai ciri bayi sehat yang dapat menerima oksigen secara cukup.

Demikianlah Kondisi dimana kehamilan yang sehat dan normal. semoga dengan membaca artikel ini, bunda semua dapat mengambil ilmu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kehamilan yang tentu akan sangat bermanfaat baik untuk masa sekarang atau untuk masa kehamilan yang akan datang.

Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk bunda semua, maka silahkan dishare atau dibagikan kepada teman dan keluarga bunda semua, agar lebih banyak orang yang mengetahui tentang bagaimana kehamilan yang sehat itu sebenarnya

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser