Yang harus kamu Tahu Tentang Kepanjangan ASEAN, Arti Dan Tujuanya

Kepanjangan ASEAN, Arti Dan tujuan ini menjadi judul artikel kami kali ini, karena ternyata banyak sekali pencarian di internet tentang ASEAN, entah karena mereka lupa tentang pelajaran yang di ajarkan ketika berada di bangku sekolah atau karena mereka dulu tidak berangkat sekolah ketika di jelaskan tentang Arti atau kepanjangan dari ASEAN ini ( bercanda gan) :D

Sudah jangan lebar-lebar senyumnya, takutnya kalau ada lalat malah kesedot :D . baiklah lanjut ke materi kita. selanjutnya untuk Kepanjangan ASEAN adalah Assosiation of Southeast Asian Nations, kalo disingkat ya menjadi ASEAN. Sudah titik jangan tanya kepanjanganya lagi. nanti artikelnya cuma muter di situ saja gan. mngkin beberapa diantara pembaca ada yang bertanya di dalam hati, "lalu bagaimana atau apa yang dimaksud dengan perhimpunan bangsa-bangsa Asia tenggara?" jawabanya adalah kalau kita pernah mendengar tentang Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (Perbara) itu juga tidaklah salah, karena memang itu adalah nama lain dari ASEAN itu sendiri, tapi untuk istilah tersebut, memanglah kurang populer ditelinga kebanyakan dari kita, karena cuma orang indonesia yang tahu tentang istilah tersebut.

Baca juga artikel menarik lainya
Kepanjangan ASEAN adalah
Kepanjangan ASEAN adalah
ASEAN merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan asia tenggara. yang didirikan pada tanggal delapan Agustus 1967 di negara Bangkok. Dan di dirikan berdasarkan deklarasi Bangkok Oleh Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, dan Thailand. 

Tujuan Asean didirikan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian, kemajuan sosial, dan untuk mengembangkan kekayaan kebudayaan dari negara-negara anggota. Serta untuk kemajuan perdamaian, Stabilitas tingkat Regional, dan sebagai sarana untuk membahas tentang perbedaan dari negara anggota secara damai.

Latar Belakang Terbentuknya Asean


Selain ada tujuan terbentuknya asean juga pastinya ada latar belakang terbentuknya. Berikutlah dari latar belakang dari terbentuknya ASEAN :
  • Persamaan geografis.
  • Persamaan budaya.
  • Persamaan nasib, yaitu pernah dijajah oleh negara asing (kecuali Thailand)
  • Persamaan kepentingan di berbagai bidang.

ASEAN di prakarsai oleh lima negara yang telah disebutkan di atas melalui Deklarasi Bangkok dan di tandatangani oleh menteri luar negeri dari masing-masing negara. para menteri luar yang menandatangi Deklarasi Bangkok dari tiap negara waktu itu adalah :
  1. Adam Malik (Indonesia)
  2. Narsisco Ramos (Filipina)
  3. Tun Abdul Razak (Malaysia)
  4. S. Rajaratnam (Singapura)
  5. Thanat Khoman (Thailand)
Dari 5 Negara tersebutlah ASEAN dirintis seiring dengan berjalanya waktu maka anggotanya semakin bertambah menjadi 10 Negara. Berikut ke-ima Negara (lengkap) yang kemudian ikut bergabung ke dalam organisasi ASEAN : Brunei Darussalam bergabung pada 7 Januari 1984,Vietnam bergabung pada 28 Juli 1995, Laos bergabung pada 23 Juli 1997, Myanmar bergabung pada 23 Juli 1997, Kamboja bergabung pada 16 Desember 1998. Dan sampai sekarang ini hampir seluruh Negara di wilayah ASIA tenggara merupakan anggota dari organisasi ASEAN kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Agar pembahasan kita kali ini lebih lengkap, berikut kami berikan juga tentang isi dari Deklarasi Bangkok :

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara 

Prinsip-prinsip utama terbentuknya ASEAN adalah :
  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
  • Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas dari pada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
  • Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
  • Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
  • Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan
  • Kerja sama efektif antara anggota

Demikianlah pembahasan Kami kali ini tentang  Kepanjangan ASEAN, Arti Dan Tujuanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. silahkan share artikel ini agar banyak teman atau keluarga anda bisa mengingat kembali tentang sejarah yang sangat penting ini.