Pengertian Dan Kepanjangan Dari AFTA adalah?

Untuk lebih bermanfaat kini beritauberita.com juga akan menyajikan artikel tentang pengetahuan umum, dan hari ini kami akan memberikan pengetahuan umum tentang perngertian dan kepanjangan AFTA, apa itu AFTA?, apa tujuan AFTA, Siapa anggota AFTA?, nah dari niat kami untuk lebih bermanfaat kepada kalian semua maka semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami tentang AFTA. Langsung saja ke intinya mari kita lanjutkan.
afta adalah , tujuan afta
Kompasiana.com

Pengertian Dan Kepanjangan AFTA Adalah


AFTA adalah singkatan dari ASEAN Trade Area. AFTA didirikan di Singapura pada saat sedang berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) ASEAN ke IV. kemudian AFTA ini adalah hasil dari kesepakatan yang didirikan oleh para anggota Negara-negara ASEAN untuk menciptakan Zona perdagangan bebas. AFTA ini dipandang sangat perlu untuk meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN yang ditargetkan tercapai dalam kurun waktu sembilan tahun (1993-202). Rencana AFTA ini akan dijalankan dengan cara menghapus Bea masuk atau biaya tarif 0-5% bagi Negara-negara anggota ASEAN. Dan dengan cara ini AFTA berharap ASEAN dapat menjadi induk produksi dunia serta dapat menciptakan pasar regional bagi lima ratus juta penduduk negara ASEAN.

Anggota AFTA

Ketika pertama kali AFTA resmi untuk didirikan, anggotanya hanyalah 6 Negara saja yaitu Thailand, Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Singapura. Kemudian Naggota AFTA semakin bertambah seiring dengan bergabungnya Negara lain kedalam ASEAN yaitu Laos, Vietnam, kamboja dan Myanmar. Sehingga sampai sekarang ini Anggota AFTA terdiri dari sepuluh negara ASEAN.

Tujuan AFTA Dibentuk

sekarang adalah pengertian tentang kenapa dan apa tujuan AFTA didirikan. tujuan AFTA didirikan pertama kali adalah :
  1. Untuk meningkatkan daya saingekonomi negara-negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagi basisi produksi pasar dunia.
  2. Untuk menarik para investor asing guna meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN.
Kemudian untuk berita terakhir tentang AFTA adalah tentang adanya kesepakatan antara anggota AFTA untuk penghapusan semua biaya masuk atau impor barang untuk negara Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipine, dan Thailand pada tahun 2010. Sedangkan untuk negara lain seperti Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar akan diberlakukan pembebasan bea masuk atau impor ini pada tahun 2015.
pengertian AFTA adalah
legitipines.com
Sekian ulasan singkat tentang Pengertian, Anggota, dan tujuan AFTA didirikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian, khususnya para pemuda-pemudi pelajar Indonesia. karena kalian adalah generasi selanjutnya yang akan memegang tombak kemajuan bangsa ini. Semoga kalian tetap bersemangat untuk belajar sehingga kelak kalian dapat membangun bangsa ini kearah yang lebih baik. amin..