Indahnya gambaran surga sesuai dengan Al-quran dan sunnah Nabi muhamad SAW

Beritauberita kali ini akan membahas tentang gambaran surga Alloh SWTmenurut Al-Quran dan sunah Nabi Muhamad SAW. Dimana surga adalah tujuan terakhir dari setiap muslim yang masih mempunyai akidah yang lurus. bukanya seperti yang kemaren terjadi dimana seorang nenek-nenek mengatakan bahwa itu adalah Ideologi tertutup dan di anggap meramal kehidupan seteleah nya. haha taulah maksud kami. :D

Nah sebelum jauh membahas tentang gambaran nikmatnya kehidupan surga maka lebih bijak mengetahui apa itu surga. Surga atau jannah dalam bahasa arab memiliki makna "kebun atau taman". Sedangkan secara syar'i jannah adalah "suatu nama yang mencakup sebuah kampung yang diciptakan oleh Alloh SWT yang disiapkan untuk orang-orang yang taat kepada Alloh yang di dalamnya meliputi segala keindahan, kenikmatan, kelezatan dan peneyejuk mata yang belum pernah dirasakan ketika hidup di dunia "

pengertian tersebut sesuai dengan apa yang disabdakan Nabi Muhamad SAW yang diriwayatkan oleh sahabat mulia Abu Hurairoh.
Aku sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang sholih (kenikmatan jannah) yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dan terlintas di dalam hati manusia (HR.Muslim No.2824)
gambaran surga
Gambaran surga by kopi-ireng.com
Kenikmatan surga ini adalah salah satu bentuk dari sifat Alloh yang maha adil, dimana Alloh adil dalam memberikan balasan bagi hambanya yang bertakwa kepada-Nya yaitu dengan mengerjakan apa-apa yang diperintahkan oleh-Nya dan menjauhi apa-apa yang dilarang oleh-nya. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa yang membuat seorang hamba bisa masuk jannah bukanlah semata-mata amal baik kita di dunia, melainkan rahmat Alloh lah yang dapat memasukan seorang hamba ke dalam Jannah. karena sebesar apapun amal ibadah seorang hamba maka itu tidak akan pernah cukup untuk membeli surga (jannah). sebagaiman sabda Nabi Muhamad :
"Sungguh bukanlah seseorang itu masuk al jannah karena amalannya. Para sahabat bertanya: “Demikian juga engkau wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam Beliau berkata: “Demikian juga saya, melainkan Allah subhanahu wata’ala melimpahkan rahmat-Nya kepadaku. (HR. Al Bukhari no. 6463 dan Muslim no. 2816).
Sudah tidak sabar untuk tau tentang keindahan dan kenikmatan surga?? maka kita lanjutkan pembahasanya :D

Golongan yang dapat masuk surga (jannah) tanpa hisab

  1. Tidak pernah minta dirukyah
  2. Tidak melakukan tathoyur, apa itu tathoyur? silahkan baca disini untuk pengertian tathoyur
  3. Seorang hamba yang bertawakal kepada Alloh

Nama-nama surga atau jannah

kemudian jika kamu memang mempunyai keingin untuk memasuki surga (jannah) yang telah Alloh siapkan untuk orang yang beriman, maka kamu juga harus tau tentang nama-nama dari surga (jannah) itu sendiri. nah berikut nama-nama surga yang disebutkan di dalam Al-Quran :

1. Jannah (Q.S. annahl : 32)
2. Darussalam (Q.S. Yunnus : 25)
3. Darul Qulud (Q.S. Qoff : 34)
4. Darul MUqomah (Q.S. Al-Fatir : 35)
5. Jannatul Ma'wa (Q.S. An-Najm : 15)
6. Jannatul Ada (Q.S. Maryam : 61)
7. Firdaus (Q.S. Al-Kahfi : 107)
8. Janatu Na'im (Q.S. Lukman : 8)
9. Maqomul Amin (Q.S. Adduqon : 51)
10. Ma'adu Sodikin (Q.S. Al-Qomar : 35)

Letak dimana surga (jannah) itu berada


dimana letak surga itu berada?? jika kamu penasaran mending jangan membayangkan atau mencari dari akal pikiran kita sendiri! kenapa? karena akal manusia itu ada batasnya dan sekali-kali akal manusia tidak akan dapat menjangkau hal-hal yang bersifat ghoi'b. nah kalau kamu ingin tahu dimana itu letak surga maka silahkan dibuka Al-Qur'anya! sudah berdebu tuh dilemari :D silahkan cari di ayat ini Q.S. Al-Mutofifin : 18-19

Indahnya Gambaran surga yang dikabarkan Alloh melalui Al-qur,an dan Sunah Muhamad SAW


Tibalah kita pada pokok dari pembahasan kita kali ini. yaitu tentang gambaran indahnya surga yang dikabarkan Alloh melalui Ayat-ayat di dalam Al-Quran dan Hadist Nabi Muhamad SAW. karena kita sebagai umat muslim juga akan lebih bersemangat lagi di dalam beribadah dan bertaqwa kepada alloh jika kita mengetahui betapa nikmatnya alloh memberikan balasan atas apa yang kita usahakan selama di dunia ini dengan nikmat yang tiada tandinganya ketika kita bisa masuk di dakam surga (jannah)
lalau apa saja nikmat yang akan kita dapat di dalam surga?

1. Pohon dan Taman Surga
Gambaran pohon dan taman surga
gambaran pohon dan taman surga by Kreasirumah.net
jika di dunia saja kita sudah terpesona ketika melihat keindahan pemandangan di tempat pegunungan atau taman yang hijau dan tampak segar, maka keindahan itu belum seberapanya dibandingkan dengan keindahan pohon dan taman yang telah Alloh sediakan di surga untuk hambanya. Dengan kerindangan dan dengan kesejukan taman di dunia ini saja sudah membuat kita betah berlama-lama bahkan berjam-jam santai disana, maka silahkan bayangkan sendiri betapa nikmatnya berada di dalam taman-taman surga. Allah berfirman di dalam Al-Quran 
“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas” … (QS. Al Waqi’ah :27-30)
Dan Rosululloh juga bersabda tentang tanaman di surga :
“Tidak ada pohon di surga melainkan tangkainya terbuat dari emas” … (QS. HR. Tirmidzi :2525) 
2. Buah-buahan Di Dalam Surga
gambaran buah-buahan di dalam surga
gambaran buah-buahan di dalam surga by Youtbe thumbnail
Di dalam surga kita juga akan menemukan buah-buahan, dimana buah-buahan itu juga ada yang memiliki nama yang sama dengan nama duah ketika kita hidup di dunia. namaun apakah rasa dan bentuknya sama? tidak ada yang tahu kecuali Alloh. namun sebagai gambaran buah-buahan surga maka Alloh mengkabarkan keadaan tersebut degnan firmanya 
“Dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya” (QS. Al Waqi’ah :32-33)
“Buah-buahannya dekat” (QS. Al Haqqoh :23)
Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya (QS. Al-Baqoroh : 25)
Sahabat Ibnu Abbas rodhiyallahu berkata:
“Apabila penghuni surga ingin mengambil buah-buahan surga, maka buah tersebut turun mendekat sehingga diapun mengambil apa saja yang ia suka.” Baro’ bin Azib rodhiyallahu anhuma berkata: “Mereka memetik buah dengan tidur” … (Hadil Arwah karya Ibnul Qoyyim :230-231)
Rasulullah Muhamad SAW bersabda:
“Sesungguhnya pernah dinampakkan surga kepadaku, akupun melihat keindahan dan keelokan di dalamnya, lalu aku mengulur kan tanganku untuk memetik setangkai buah anggur agar aku dapat membawanya ke hadapan kalian, namun ada sesuatu yang menghalangiku darinya, kalau seandainya aku dapat membawanya kepada kalian niscaya buah tersebut cukup dimakan semua yang ada di antara langit dan bumi, serta tidak kurang” … (HR. Ahmad :352-353)
3. Makanan Dan Minuman Di Dalam Surga
gambaran makanan di seurga
gambaran makanan di seurga by PalingUnik.blogspot.co.id
Allah berfirman di dalam Al-Qur'an:
“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa mengalir sungai-sungai di dalamnya, buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula)” (QS. Ar Ro’d :35)

“Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini” (QS Ath Thuur :22)
Rasulullah Muhamad SAW bersabda:
“Penghuni surga makan dan minum namun tidak mengeluarkan ingus dan tidak mengeluarkan kotoran besar dan tidak pula kencing, makanan mereka menjadi sendawa (dan keringat) baunya seperti bau minyak kesturi” (HR. Muslim :2835)
4. Bentuk fisik para penghuni surga
gambaran tubuh penghuni surga
WhiteCoatHunter
Dari Abu Hurairah Rodhiollu'anhu, Rasulullah SAW bersabda :
"Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam postur tubuhnya setinggi 60 Hasta, Usai menciptakan Adam, Allah berfirman : 'Pergilah dan ucapkan salam pada kumpulan tersebut, mereka adalah para malaikat yang sedang duduk2, dan dengarkan salam yang akan disampaikan kepadamu, karena salam tersebut adalah salam mu dan salam anak keturunanmu.
Rasulullah berkata : "Lalu Adam pergi ketampat mereka dan berkata, salam sejahtera atas kalian, Mereka menjawab : Salam sejahtera juga atas mu dan begitu juga rahmat Allah".
Kemudian Rasulullah melanjutkan : 'Maka setiap orang yang masuk surga wajahnya seperti wajah Adam dan postur tubuhnya setinggi 60 Hasta, Setelah Adam Manusia mengecil dan menyusut hingga sekarang ini".
(HR. Bukhari-Muslim-Ahmad)
1 Hasta adalah Jarak panjang antara siku sampai dengan Ujung jari manusia. sehingga setiap manusia memiliki ukuran yang berbeda-beda tentang hasta ini
Dari Abu Hurairah Rodhiollu'anhu, Rasulullah SAW bersabda :
"Penghuni Surga masuk ke surga dengan rambut pendek, Jenggotnya belum tumbuh, dalam usia 33 tahun dan matanya bercelak, mereka seperti Adam yang tingginya 60 Hasta, dan lebarnya 70 Hasta"
(HR. Akhmad)
Dari Anas bin Malik Rodhiollu'anhu, Rasulullah SAW bersabda :
"Penghuni Surga di bangkitkan dengan wajah seperti Adam, dalam Usia 33 tahun, berambut pendek, belum berjenggot, dan matanya bercelak, mereka pergi menuju pohon disurga, lalu mengambil pakaian dari pohon tersebut. Pakaian mereka tidak lusuh dan masa mudanya tidak habis"

5. Bidadari Di Dalam Surga
gambaran bidadari surga
ummi-online.com
Untuk memberikan gambaran tentang bidadari surga ini Alloh SWT berfirman di dalam Al-Qur'an :
Dan [di dalam surga itu] ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, (22) laksana mutiara yang tersimpan baik. (23) Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. (24) (QS> Al-waqi'ah : 22-24)
Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka [penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka] dan tidak pula oleh jin. (QS. Ar-Rohman : 74)
Sungguh betapa indah bidadari surga yang telah diciptakan Alloh untuk hambanya yang bertaqwa ini. sehingga sangat sulit bagi kita untuk membayangkan keindahan dan kecantikan para bidadari surga.
Namun bagi anda para wanita jangan merasa sedih dahulu! karena secantik dan seindah apapun bidadari di surga ini tidak akan dapat mengalahkan kecantikan dan keindahan anda ketika anda berhasil memasuki surga alloh. karena wanita dunia yang dapat memasuki surga (jannah) akan menjadi ratu dari para bidadari surga :D (sekarang anda tersenyum lebar) haha..
Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Saya bertanya, “Wahai Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari yang bermata jeli?”
Beliau shallallahu’‘alaihi wa sallam menjawab, “Wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari yang bermata jeli, seperti kelebihan apa yang tampak daripada apa yang tidak tampak.”
Saya bertanya, “Karena apa wanita dunia lebih utama daripada mereka?”
Beliau menjawab, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutra, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ‘Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.’.” (HR. Ath Thabrani).
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Kalau seandainya wanita surga melongok ke bumi, niscaya antara langit dan bumi penuh dengan bau harum dan bersinar” (HR. Ahmad :3/264)

Orang-orang yang beriman di dalam surga bersenang-senang dengan istri-istri mereka, Allah berfirman:
“Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan, mereka dan istri-istri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan”(QS. Yasin :55-56)
Abdullah bin Mas’ud dan Abdullah bin Abbas rodhiyallahu anhuma berkata:
“Mereka sibuk memecahkan keperawanan bidadari”
Untuk pembahasan lebih lengkap tentang bidadari surga silahkan klick link ini

6. Hubungan Intim Pneghuni Surga
gambaran hubungan intim penghuni surga
nnisa-blogger.com
Abdullah bin Mas’ud dan Abdullah bin Abbas rodhiyallahu anhuma berkata:
“Mereka sibuk memecahkan keperawanan bidadari”
Muqotil berkata: “Mereka sibuk memecahkan keperawanan bidadari sampai lupa dengan penghuni neraka, sehingga mereka tidak ingat dan tidak memperhatikan mereka (penghuni neraka)” … (Hadil Arwah :310)

7. Pasar Di Surga
gambaran pasar di dalam surga
hnstories.wordpress.com
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda :
“Sungguh di surga ada pasar yang didatangi penghuni surga setiap Jumat. Bertiuplah angin dari utara mengenai wajah dan pakaian mereka hingga mereka semakin indah dan tampan. Mereka pulang ke istri-istri mereka dalam keadaan telah bertambah indah dan tampan. Keluarga mereka berkata, ‘Demi Allah, engkau semakin bertambah indah dan tampan.’ Mereka pun berkata, ‘Kalian pun semakin bertambah indah dan cantik’” (HR. Muslim no. 7324)
Sebagaimana dijelaskan oleh Imam An-Nawawi rahimahullah, pasar disurga adalah tempat berkumpul penduduk surga. Beliau berkata :
“yang dimaksud dengan pasar adalah tempat berkumpulnya manusia sebagaimana manusia di dunia berkumpul di pasar. Maksud dari ‘mereka mendatangi setiap hari Jumat’ adalah sebagaimana perkiraan lama waktu tiap jumat yaitu sepekan. Bukanlah makna ‘sepekan’ yang sebenarnya karena tidak ada matahari, siang dan malam (di surga).”
Itulah gambaran surga Allah yang sangat luarbiasa indahnya. untuk membayangkan saja sangat sulit bagi kita. wahai saudaraku senantiasa ingatlah bahwa kebahagiaan di dunia ini hanyalah sementara bahkan sangat sebentar sekali sehingga di ibaratkan seperti seorang musafir yang melakukan perjalanan dan dia beristirahat sebentar di bawah pohon yang rindang.

untuk lebih jelasnya anda sekalian dapat melihat video yang kami rekomendasikan disini tentang gambaran surga Alloh SWT menurut islam


maka sebaik-baik orang adalah orang yang mempersiapkan bekal di waktu yang sebentar ini untuk keperluanya yang sangat penting ketika menghadap Robnya nanti. dan sebodoh-bodohnya orang adalah orang yang tertipu dengan gemerlapnya dunia yang sebenarnya hanyalah kesenangan yang menipu saja.

dengan gambaran kenikmatan surga ini semoga kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan taqwa kita kepada Allaoh SWT. sehingga kita menjadi hamba yang diridhoinya baik di dunia atauoun di Akhirat. Amin. Tidak usah ijin silahkan sebarkan artikel ini kepada siapapun teman anda :)