Gambaran bidadari surga menurut islam

Assalamualaikum teman online, ketemu lagi di blog sederhana kami. dan hari ini kami akan membahas tentang gambaran bidadari surga menurut islam. Dimana beberapa waktu lalu kami juga telah memberikan sedikit gambaran tentang bidadari ini di dalam artikel kami tentang gambaran surga sesuai Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhamad SAW. Jika kamu belum membaca artikel tersebut, maka kami sarankan untuk membacanya terlebih dahulu.

Jujur siapa yang tidak bertanya-tanya dalam hati tentang kecantikan dan keanggunan bidadari?? bidadari yang molek ini adalah hadiah Alloh SWT bagi hambanya yang bertaqwa dan melakukan amal sholih ketika di dunia. bahkan gambaran bidadari cantik ini membuat sebagian wanita menjadi iri dan bertanya. Bagaimana mungkin wanita di dunia dapat bersaing dengan wanita Jannah ketika di akhirat nanti? apakah suaminya akan tetap mencintainya ketika istrinya di saingkan dengan para wanita surga? :D
Gambaran bidadari surga menurut islam
Gambaran bidadari surga menurut islam

Gambaran bidadari surga menurut islam

Rosululloh SAW memberikan gambaran tentang bidadari Jannah ini dengan sabdanya
"KalauSeandainya seorang wanita surga muncul di dunia, maka dia akan menyinari antara bumi dan langit, dan akan memenuhi bau yang semerbak antara bumi dan langit, dan sungguh kerudungnya lebih baik daripada dunia dan seisinya." (H.R Bukhari)
Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana kata-kata Rosululloh SAW yang menggambarkan betapa indahnya wanita Jannah ini? kami yakin akal manusia tidak akan mampu membayangkan dan menggambarkanya di dalam pikiran. betapa tidak. seharum apapun minyak wangi yang ada di dunia ini juga tidak akan bisa memenuhi antara bumi dan langit. bahkan kerudung bidadari saja sudah bisa mengalahkan dunia dan seisinya. (emas, intan, permata)?? tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kerudung-nya. MasyaAlloh :)

Ibnu qoyim pun membuat syair tentang gambaran keindahan wanita Jannah :
“Sang bidadari membatasi pandangannya kepada kekasihnya karena ketampanan, lirikan mata yang tertunduk adalah lirikan mata para bidadari, ataukah sang bidadari membatasi pandangan sang kekasih kerena cantiknya sang bidadari, dalam hal lirikan mata yang tunduk adalah lirikan mata sang kekasih”
Para bidadari senantiasa menundukan pandanganya, menjaga mata dari sesuatu yang tidak ingin Alloh murka kepadanya, Para bidadari jannah ini pun belum pernah tersentuh oleh siapapun (Jin dan Manusia). tersimpan suci sampai ada manusia yang benar-benar layak untuk mendapatkanya. Alloh berfirman yang artinya :
“Di dalam jannah itu ada bidadari-bidadari yang membatasi pandangan, yang tidak pernah disentuh oleh manusia maupun jin sebelumnya." (QS. Ar-Rahman : 56)
Di dalam Al-Quran bidadari di sebut dengan kata "huurin'iin". jika di artikan secara lengkap adalah bidadari bermata jeli. Para bidadari ini juga digambarkan sebagai pasangan orang sholih dengan usia yang sebaya dan selalu dalam keadaan perawan. Bidadari ini pun memiliki fisik yang sempurna seperti gadis remaja.

Sebagai pelengkap gambaran betapa indahnya bidadari menurut islam, maka kami informasikan bahwa para bidadari ini tidaklah diciptakan seperti manusia yang dari tanah, ataupun seperti jin yang diciptakan dari api. atau bahkan tidak seperti malaikat yang diciptakan dari cahaya. Bidadari ini diciptakan dari empat unsur sebagaimana sabda Rosululloh SAW dari Ibnu abbas RodhiAllohu'anhu :
"Sesungguhnya di dalam jannah itu ada bidadari yang dinamakan 'aina' yang diciptakan dari empat unsur, yaitu dari misk, kafur, anbar, dan za'faran"

Sebagai pengetahuan Za'faran  adalah bunga yang cantik dan berwarna ungu tumbuh di daerah jazirah arab. bunga za'faran ini disebut-sebut sebagai bunga termahal didunia karena selain memiliki bau yang sangat harum bunga ini juga disebutkan memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang banyak.

Dengan mengetahui gambaran tentang bidadari surga ini saya yakin pasti banyak para wanita yang bertanya-tanya. Kalau para lelaki sholih mendapatkan hadiah para bidadari jannah dan akan dinikahkan denganya kelak. maka bagaiman kaum wanita? apalagi dengan keindahan yang telah digambarkan di atas, lalau bagaimana dengan kami kaum wanita Dunia?? :D

Cantik istri kita di dunia atau bidadari surga?


Tenanglah wahai kaum wanita! karena juga telah disebutkan, bahwa wanita yang sholihah ketika di dunia maka kelak nanti di jannah akan membuat iri para bidadari Jannah. bahkan kelak kalian akan menjadi ratunya dari para bidadari. Lalu cantik mana, antara istri kita di dunia atau para bidadari dengan berbagai keindahanya?

Syaikh Muhamad bin Sholih Al-utsaimin pernah mendapatkan pertanyaan tentang apakah istri kita di dunia kelak ketika di jannah akan menjadi seorang bidadari?
Kemudian beliupun menjawab :
"Istri kita di dunia ketika masuk Jannah akan lebih baik dari para bidadari, bahkan istri kita sendirilah yang akan paling disenangi dan paling disukai oleh suaminya. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa rombongan yang pertama kali masuk Jannah berbentuk semisal bulan di malam purnama."
Lalu beliaupun di tanya lagi tentang apakah kecantikan para bidadari surga akan sama dengan kecantikan istri-istri kita di dunia ketika berhasil masuk Jannah?
beliapun menjawab :
"yang nampak, istri kita lebih baik daripada bidadari Jannah dilihat dari kecantikannya." disebutkan dalam Fatawa Nur ‘ala Ad-Darb 2/4
Biar lebih mantab silahkan tonton video tentang bidadari surga ini disini


Tapi yang harus menjadi perhatian adalah manusia akan mendapatkan kedudukan bertingkat-tingkat di akhirat sesuai dengan amal perbuatan yang diusahakanya ketika hidup di dunia, dan penduduk Jannah pun juga akan mendpatkan kedudukan yang bertingkat-tingkat, sehingga kita tidak dapat memukul rata antara satu manusia dengan manusia lain ketika berada di dalam Jannah.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi kedudukan seseorang di dalam Jannah, maka ia akan mendapatkan kenikmatan dan kecantikan wanita Jannah yang berbeda dengan manusia lain dari tingkatan Jannah yang lain pula.

Semoga dengan artikel tentang gambaran bidadari surga menurut islam ini dapat memacu semangat kita untuk beramal dan beribadah lebih baik lagi, karena sebaik-baik manusia adalah yang senantiasa berusaha agar hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik daripada hari ini. semoga bermanfaat dan jika ingin share tidak perlu minta ijin. silahkan share artikel ini kepada siapapun :D

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser