cara membersihkan sepatu kulit yang baik dan benar

Selamat datang di blogg beritaubeita.com, kali ini kami akan membagikan tips dan trick tentang bagaimana cara membersihkan sepatu kulit yang benar, sehingga sepatu kulit yang kita miliki akan awet dan tahan lama, karena memang sepatu yang berbahan dari kulit membutuhkan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan sepatu-sepatu lain pada umumnya.

Berbicara tentang sepatu otomastis kita akan membahas fashion, dimana pada zaman sekarang ini seperti yang telah kita ketahui banyak sekali jenis dan merek sepatu yang beredar di pasaran. Sejarah terciptanya sepatu berawal dari penemuanya oleh seseorang yang berkewarganegaraan belanda yang membuat sepatu dari kayu. namun sekarang sepatu berevolusi menyesuaikan berdasar dengan apa bahan pembuatnya dan untuk apa fungsinya. sehingga, kita sekarang ini memilih dan memakai sepatu tergantung dengan aktifitas apa yang akan kita lakukan.

Dan untuk pecinta produk dari bahan kulit seperti tas, sepatu atau dompet biasanya mereka mengincar produk-produk ini dari luar negri, dan yang paling banyak di cari adalah produk yang di import dari negara itali. Yah karena memang negara Itali-lah yang paling terkenal dengan hasil produk berbahan kulitnya. Namun jika anda memang cinta Indonesia, inilah saatnya bagi anda untuk meramaikan produk di dalam negri sendiri, karena sekarang banyak sekali pengusaha-pengusaha muda kita yang mulai menunjukan kemempunya di bidang fashion. dan terkhusus sepatu dari bahan kulit.

Untuk sepatu kulit ini sendiri adalah sepatu yang biasanya dipakai seseorang ketika akan bekerja (pekerja kantor tentunya) dan acara-acara formal lainya. Sepatu berbahan kulit ini memang banyak sekali digemari oleh orang indonesia, karena memang selain terlihan keren dan elegan, sepatu berbahan kulit ini juga membuat si pemakai lebih percaya diri. yang tidak kalah penting dari semua ini adalah kenyamanan ketika mengenakan sepatu kulit ini. betul?? :D

Namun seperti hukum alam yang lain. yang namanya benda akan mengalami rusak, kusam, dan usang. hanya saja jika kita tahu bagai mana cara merawat sepatu berbahan kulit terkhusus cara membersihkan sepatu kulit maka kerusakan dan usang akan dapat kita minimalisir, sehingga sepatu kulit kesayangan kita inipun akan jauh lebih tahan lama (awet).

Nah setelah basa-basi kita yang lumayan panjang ini, maka sampailah kita di titik inti dari pembahasan kita ini yaitu tentang bagaimana cara membersihkan sepatu kulit yang benar sehingga sepatu kulit kita pun dapat terhindar dari kerusakan, keretakan dan bau yang sangat mengganggu,
cara membersihkan sepatu kulit
Cara membersihkan sepatu kulit


Cara merawat sepatu kulit yang baik dan benar

Berikut inti dari artikel kita kali ini adalah tips dan cara merawat dan cara membersihkan sepatu kulit kita dengan baik dan benar sehingga sepatu kita akan tampak lebih kinclong dan lebih tahan lama.

  1. jangan pernah membiarkan sepatu kulit anda terkena air, baik itu air hujan, air laut, bahkan cuma genangan air. apalagi sampai anda sengaja ceburkan sepatu kulit anda kedalam bak kamar mandi :v untuk anda tahu, air akan memberikan kerusakan yang pasti pada sepatu kulit anda, baik lambat atau cepat.
  2. Jika sepatu anda memang sudah terlanjur terkena air atau sengaja disiram oleh istri anda dengan air :v maka yang harus anda lakukan adalah segera mengeringkan sepatu kulit anda. Namun yang harus di ingat adalah jangan samapai anda mengeringkan sepatu kulit anda langsung dibawah sinar matahari, kenapa? karena jika anda melakukanya, bukanya akan memecahkan masalah justru anda akan menambah masalah untuk sepatu kesayangan anda. yang seharusnya anda lakukan adalah cukup dengan mencari kain yang memiliki tingkat kelembutan yang cukup dan tingkat penyerapan air yang baik. jika sudah anda dapatkan kain itu maka segera usap air yang ada pada sepatu anda tadi secara perlahan sampai air itu hilang dari sepatu.
  3. Selanjutnya ketika anda sudah memastikan air sudah hilang dari sepatu anda. Sekali lagi jangan langsung mencari jalan pintas untuk menjemur sepatu anda dibawah terik sinar matahari! cukup anda angin-anginkan saja sepatu anda hingga mengering dengan sendirinya.
  4. Kemudian jika sepatu kulit anda terkena lumpur atau kotoran, maka jangan menunda untuk segera membersihkanya. sekali lagi caranya adalah hanya dengan mencari kain yang berbahan lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi. kemudian lap sepatu anda tadi dengan telisti sehingga tidak ada bekas kotoran dan lumpur yang tertinggal di sepatu, kenapa? karena jika anda menunda untuk membersihkan lumpur atau tidak teliti dalam membersihkan sepatu kulit anda maka lumpur yang mengering di sepatu tersebut akan sangat sulit untuk dihilangkan dan akan membuat sepatu anda terlihat kusam.
  5. Untuk kasus kotoran dan lumpur, maka anda juga dapat menggunakan sikat untuk membantu membersihkan sepatu anda. pilihlah sikat yang mempunyai bulu yang lembut sehingga ketika anda menggunakanya pada sepatu, maka sikat tersebut tidak meninggalkan bekas pada sepatu tersebut. dan jangan lupa setelah anda selesai menyikat maka lap lagi sepatu anda dengan kain yang lembut.
  6. Jika sepatu kulit anda terkena noda yang membandel, maka cara membersihkanya adalah dengan menggunakan cairan khusus yang didesaign untuk membersihkan sepatu kulit. untuk cairan ini sendiri dapat anda peroleh dengan membeli melalui olshop atau mungkin di toko khusus sepatu kulit disekitar anda. namun jika memang anda kesulitan untuk mendapatkanya maka sebagai alternatif, anda dapat menggunakan minyak goreng sebagai bahan pengganti dari cairan tersebut. namun yang perlau anda perhatikan adalah ketika anda menggunakan minyak goreng atau cairan pembersih khusus, maka gunakanlah kapas untuk mengusapkanya pada sepatu anda. jika telah selesai, silahkan anda lap lagi dengan kain lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi seingga noda membandel pada sepatu kulit anda dapat benar-benar lenyap.
  7. Selanjutnya gunakanlah semir sepatu yang benar-benar berkualitas untuk sepatu kulit anda, dan perhatikan juga warna semir yang anda gunakan! jangan menggunakan semir sepatu yang mempunyai warna yang tidak sesuai dengan sepatu anda.
  8.  kemudian untuk membantu menjaga kelembaban sepatu kulit adalah dengan menggunakan lotion pelembut. caranya cukup dengan mengoleskan lotion pelembut tersebut secukupnya dengan perlahan dan menyeluruh pada sepatu, kemudian biarkan dan diamkan sepatu itu selama satu jam. setelah itu lap sepatu kulit dengan kain yang lembut.
  9. untuk menghindari bau dari sepatu kulit,maka kebanyakan orang akan menyemprotkan minyak wangi (parfum) kedalam sepatu kulitnya. namun saya peringatkan anda untuk tidak melakukanya. ketika anda mengalami ganggaun bau pada sepatu kulit anda sebenarnya caranya sangat simple. yaitu cukup anda mengelap bagian dalam dari sepatu kulit anda secara telaten setelah anda menggunakanya. karena ketika anda menggunakan sepatu, keringat kaki anda akan tertinggal didalam sepatu. dan jika anda membiarkanya secara terus-menerus maka silahkan anda bayangkan sendiri bau yang akan anda dapatkan di dalam sepatu kulit anda :D
  10. Kemdian untuk menyimpan sepatu kulit, tempatkanlah sepatu anda pada tempat yang benar-benar kering. bukan tempat yang lembab apalagi basah. karena jika tempat yang anda gunakan adalah tempat yang basah atau lembab maka jamur dan parasit akan sangat senang bermain pada sepatu anda. jika perlu taruhlah silica gel pada kotak penyimpanan sepatu.

Cara membersihkan sepatu kulit yang baik dan benar

  1. Cari tahu terlebih dahulu bahan dari sepatu kulit anda, apakah memang dari bahan kulit asli atau kulit sintetis. karena dari kedua bahan tersebut juga memiliki metode yang berbeda dalam membersihkanya.
  2. Berikutnya hilangkan lapisan debu dan kotoran dengan sikat yang memiliki ujung yang lembut. gosok secara perlahan kotoran disepatu anda dengan perlahan sampai kotoran tersebut memudar.
  3. kemudian gunakan lap yang kering dan bersih untuk mengusap permukaan sepatu kulit tersebut.
  4. jika dirasa kotoran masih menempel anda dapat menggunakan sedikit air atau minyak khusus untuk menghilangkan kotoran tersebut. tapi jangan disiramkan!! cukup kain lap anda saja yang anda beri sedikit air kemudian ulangi mengelap permukaan sepatu anda yang kotor hingga bersih.
  5. jika sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan sepatu kulit anda, caranya cukup menaruh sepatu anda di tempat terbuka. jangan sampai anda menaruh sepatu anda dibawah terik sinar matahari langsung, karena hal tersebut akan membuat sepatu kulit akan mengalami keretakan dan warnanya pun akan ikut memudar atau luntur.
Demikian tadi tips dari kami kali ini, yaitu tentang bagaimana cara membersihkan sepatu kulit dengan baik dan benar sehingga anda sebagai pemilik sepatu kulit akan lebih percaya diri lagi ketika sepatu yang anda kenakan tampak kinclong dan baik. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk anda semua. silahkan bagikan tips dari kami ini kepada teman-teman anda jika dirasa memang bermanfaat. apakah anda punya tips atau trick yang lain tentang cara membersihkan dan merawat sepatu kulit? jika iya, maka silahkan bagikan kepada kami juga tentang tips anda itu di kolom komentar... :D

Tips ini dirangkum dari berbagai sumber

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser