WAJIB BACA HAK ASURANSI KECELAKAAN BERKENDARAAN

HAK ASURANSI KECELAKAAN BERKENDARAAN - Seperti kita ketahui seiring berjalanya waktu dan perkembangan zaman, Indonesia adalah negara berkembang yang sangat padat penduduknya. terutama di jakarta. dan dari jakarta kita dapat melihat betapa macetnya kota tersebut karena memang disanalah pusat ibu kota negara Inodesia.
dengan karena begitu banyaknya penduduk indonesia itulah kita juga memaklumi kenapa begitu pesat transaksi kendaraan bermotor yang laris manis di indonesia terutama pulau jawa. dengan cepatnya pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor ini tidak berimbang dengan pertumbuhan pembangunan jalan di kota-kota indoneisa.
Dan benar saja selain hal ini menjadikan masalah macet diberbagai kota, ternyata terlampau banyaknya pengguna jalan dengan kendaraan bermotor ini juga meningkatkan angka dari jumlah kecelakaan kendaraan bermotor. sehingga dari tahun ke tahun kita melihat angka kecelakaan yang terjadi sangat mencengangkan. angka tersebut sungguh sangat fantastis. ternyata dari sekian banyak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia masih banyak yang belum tahu mengenai hak kita sebagai pengguna kendaraan bermotor sekaligus pembayar pajak kendaraan dan iuran asuransi. 
Sekilas info bagi yg blm memahinya. _COBA BACA DAN LIHAT ''STNK'' ANDA_ !!!


HAK ASURANSI KECELAKAAN BERKENDARAAN
HAK ASURANSI KECELAKAAN BERKENDARAAN
*Pernah mendengar/membaca SWDKLLJ* ? coba rekan2 cermati STNK kendaraan. Saat kita membayar pajak kendaraan otomatis kita akan dikenai biaya SWDKLLJ. Terus SWDKLLJ apakah itu ? kegunaannya untuk apa ?
SWDKLLJ yaitu kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Nah dengan membayar SWDKLLJ masing-masing bayar pajak kendaraan, otomatis diri kita tercatat ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja. Besarnya tarif SWDKLLJ tergantung dari tipe kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s. d. 250 cc akan dikenai tarif Rp 35rb. Sedang untuk jenis sedan, jip dan lain-lain sebesar Rp143 rb.

Kegunaan yang didapat dari SWDKLLJ yaitu kita memperoleh perlindungan asuransi bila berjalan kecelakaan jalan raya. Besarnya santunan yang diperoleh oleh Jasa Raharja berdasar pada _*Ketetapan Menteri Keuangan RI No 36/PMK. 010/2008 dan 37/PMK. 010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yaitu*_ :
- Meninggal Dunia, sebesar Rp 25 juta
- Cacat (Maksimal), sebesar Rp 25 juta
- Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp10 juta
- Biaya Penguburan, sebesar Rp. 2 juta
*Bagaimana caranya dapatkan santunan ?*
1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat.
2. Isi formulir ajukan dengan memasukkan (laporan kecelakaan dari pihak kepolisian atau pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter, KTP/jati diri korban/ahli waris korban).
3. Jika korban luka2 jadi dilampirkan kwitansi biaya perawatan & pengobatan yang asli sedang jika meninggal dunia jadi dibutuhkan Kartu Keluarga atau Surat Nikah.
4. Hak santunan jadi tidak berlaku bila mengajukan lebih dari 6 bulan. sejak mulai terjadinya musibah atau tak diakukan penagihan kurun waktu 3 bln, sejak mulai hak santunan di setujui oleh Jasa Raharja.
Oh ya, santunan ini diberikan tidak cuma pada seseorang/pengemudi tapi juga berlaku pada berapa penumpang yang turut jadi korban kecelakaan.
ini lah srtikel tentang HAK ASURANSI KECELAKAAN BERKENDARAAN. Jadi kita sebagai warga negara Indonesia harus tahu hak kita dan jangan pernah terlambat untuk memprosesnya_....!
Kirim ke teman dan keluarga anda!! semoga bermanfaat, Karena tidak pernah ada sosialisasi Soal ini ( atau mungkin saya saja yang kurang informasi) :D

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser